Aku dan Basreng

Aesthepical
3 min readJan 18, 2023

--

Terinspirasi dari basreng yg tinggal seperempat

Basreng itu bikin candu ya (dalam artian baik, kalau buruk berarti mag udah kambuh). Aku sebagai penyuka makanan pedas yang kalau makan apa-apa harus ada sambal atau minimal saos, merasa terbantu dengan adanya basreng. Bayangin aja, nasi panas yang baru masak ditaburin keping-keping basreng, beuh, udah nikmat banget. Apalagi bagi anak kos yang sok sibuk ga sempat nyari makanan.

Tapi bagi aku yang lumayan picky eater, nemuin basreng paling mantul di lidah tu susah. Sejak aku tamat SMA dan lanjut kuliah secara daring (zamannya covid), kakak aku sering nyetok basreng dari temennya. Dan bener-bener, betul-betul, itu basreng terenak yang pernah aku makan. Bahkan sehari aja udah ludes satu plastik besar, antara aku yang habisin atau abang aku yang umpetin. Ibu aku yang udah gabisa makan pedas terlalu banyak malah cocok banget sama tu basreng.

Tapi masalah terbesarnya adalah temen kakak aku yang jualan basreng itu moodyan kalau jualan sehingga untuk nunggu po itu sampe berbulan-bulan. Dan pada akhirnya aku harus merantau ke luar kota untuk kuliah, and yeah, said goodbye to my fav basreng.

Di Banda, aku cukup membatasi makanan pedas karena punya mag akut, takut-takut kambuhnya bikin drop parah apalagi lagi jauh sama keluarga :(. Tapi kecintaan aku sama basreng membuat aku sesekali mengeluarkan uang hanya untuk sekadar beli basreng 15k dengan ukuran genggaman orang dewasa alias kucrit banget. Sering juga aku nyicip (tapi banyak) basreng temen yang dia beli dari tiktokshop. Tapi dari sekian banyak basreng yang aku coba, tetap basreng yang kakak aku beli juaranya.

Beberapa basreng yang pernah aku rasa di kota rantauan ini ada yang asin, keras, ada yang sama sekali ga terasa pedasnya atau terasa banget pedasnya sampe nyakitin perut, dan ada yang berminyak. Tapi basreng yang kakak aku beli semuanya pas, asinnya pas, pedasnya masih berasa tapi ga nyakitin, dan sama sekali ga berminyak.

Awalnya aku nulis ini cuman iseng doang bahas basreng yang kebetulan tengger di depan mata (o ya, ini basreng udah asin keras lagi, maaf..). Tapi setelah dipikir-pikir, hidup itu kayak nentuin basreng yang cocok sama selera kita ya. Menikmati basreng juga sama halnya kayak berusaha untuk tetap hidup. Kadang asin, kadang hambar. Kadang nyakitin, tapi kadang juga bikin nyaman. Kadang banyak aja cobaannya kayak lagi ngegigit basreng keras, tapi kadang juga kesenengan ngunyah basreng yang rapuh. Hidup itu juga kadang licin sampe bikin jatuh kayak minyak, tapi kadang juga kering yang bisa sampe gersang.

Tapi dari sekian banyak yang terjadi dalam hidup, kita masih tetap ngejalaninnya kan. Dari banyaknya basreng yang pernah aku rasa, ujung-ujungnya juga aku nikmatin sampai habis, bahkan kalau beruntung bisa dapat banyak daun jeruk yang gurihhh.

Hidup itu, ga mungkin ada senengnya terus, ga mungkin mulus terus. Pasti ada aja yang menghalangi, mau itu batu yang keras, minyak yang licin, atau bahkan pasir yang hambatin jalan. Tapi, kalau gaada halangan-halangan itu, gimana caranya kita tumbuh? Menjadi dewasa dan memahami dunia di luar diri kita perlu adanya halangan, hambatan, supaya nanti ketika kita bisa ketemu apa yang kita idamkan, kita bakal bilang, “wah, ini dia, ini yang aku mau,” dengan penuh kebanggaan dan senyuman.

--

--